Cara Mudah Menghapus Isi File DVD Agar Bisa Diisi Lagi #Windows7| TEHNOMAC -->

Official blog Tehnomac

Jan 30, 2018

Cara Mudah Menghapus Isi File DVD Agar Bisa Diisi Lagi #Windows7

Ada caranya tersendiri menghapus file di kaset dvd, tidak seperti menghapus pada flashdisc, perlakuannya berbeda. Jika kamu hendak menghapus isi dalam kaset dvd caranya dengan fitur erase bukan format, jika diformat tidak bisa dilakukan.


Saya pernah mengalami hal yang sama, kesulitan menghapus isi dvd bekas saat akan burn, selalu gagal dan masalahnya ternyata bukan pada windowsnya tetapi kasetnya. Memang ada banyak macam kaset dvd yang tidak bisa di erase ada juga yang bisa. Model dvd yang tidak bisa di erase seperti Dvd R plus, sedangkan yang bisa dierase seperti Dvd RW Plus. Perbedaan kedua kaset ini ada pada tipenya, jika beripe RW maka bisa digunakan lebih dari sekali.

Kenampakan contoh kaset yang bisa dierase seperti terlihat pada foto dbawah ini.


Nah, cara menghapusisi file dvd rw tersebut mudah saja, caranya begini..

#1 Masukkan Dvd RW Plus ke Laptp/PC


Setelah itu tunggu sampai terbuka jendela file DVD atau kunjungi di folder computer, biasanya ada pada data(F:), setelah itu klik kanan data F: lalu pilih dan klik "erase this disc", lihat seperti gambar berikut ini.


#2 Akan Keluar Jendela Burn To Disc


Proses selanjutnya akan ada notifikasi konfirmasi erase pada jendela b"burn to disc", beri centang pada "close this wizard.." yang tujuannya setelah selesai erase maka disc akan berhenti dan tempat kaset dilaptop akan terbuka, kamu juga boleh tidak mencentangnya, ini hanya sesuai kebutuhan masing-masing.


#3 Proses Penghapusan Membutuhkan Waktu Lama

Setelah melalui tahap kedua selanjutnya tahap penghapusan, proses ini membutuhkan waktu yang lama, jika isi dvd sebelumnya banyak maka akan lebih lama lagi proses erase-nya.


Tunggu saja prosesnya sampai selesai.

Setelah berhasil erase, maka cobalah untuk burn ke DVD tersebut, jika terdapat problem dan selalu gagal maka bisa disebabkan kerusakan pada dvd kamu, mungkin saja usianya sudah tua.

Nah itulah panduan sederhana menghapus kaset dvd di laptop atau pc agar kaset bekas itu bisa dipakai burning kembali. Semoga artikel ini dapat membantu masalah kamu.

Penutup. Jangan boros saat menggunakan sesuatu yag masih bisa dimanfaatkan, seperti kaset dvd, jika masih bisa digunakan maka jangan dibuang begitu saja. Jadikan barang bekas menjadi berkah seperti motto olx saat ini -^^- Tag. cara format kaset yang sudah digunakan · cara hapus dvd yg ada isinya · cara hapus data di kaset dvd

Share yuk!
Share yuk!
Tags :

Related Post:

3 comments

Itu problem gagal erase disc

@AhmadR, jika gagal erase disc bisa disebabkan karena usia disc sudah tua, coba sekali lagi.. Semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya