Cara Mengembalikan Hilangnya Channel TV Merek Apapun| TEHNOMAC -->

Official blog Tehnomac

Jan 1, 2022

Cara Mengembalikan Hilangnya Channel TV Merek Apapun

Cara ini sebenarnya rahasia para teknisi Tv, namun disini saya akan membagikannya untuk kamu yang ingin hemat..ditempat saya mendatangkan teknisi Tv untuk mencari channel yang hilang atau menambah channel baru tidaklah murah sekitar 50 sampi 100 rb an..itu pun sebentar sekali karena memang punya rahasianya. Nah, disini saya akan membagikan trik mereka, kamu patut mencobanya dengan otodidak.


Banyak penyebab yang bisa kamu diagnosa, pertama yang wajib kamu analisa lebih dulu adalah pergerakan atau pergeseran arah parabola digital, jika ini terjadi maka bakalan banyak sinyal saluran channel yang lemah yang membuat saluran terhapus.

Penyebab lainnya adalah karena mengotak atik settingan menu Tv yang tidak tepat, kasus ini yang sering dijumpai bagi pengguna Tv digital pemula.

Penyebab yang baru-baru ini biasanya disebabkan pergantian atau perubahan nomor channel baru pada satelite sehingga perlu update beberapa kode channel untuk mengembalikannya kembali.

Ada banyak penyebabnya memang.. Nah, untuk lebih jelasnya bisa kamu lakukan trik berikut ini untuk Tv dibeberapa merek berikut ini.

Pertama saya mulaid ari Tv merek LG

#1 Mengembalikan Channel TV LG


Jika kamu pengguna Tv merek ini maka bisa kamu atasi dengan beberapa langkah untuk mengembalikan saluran Tv yang hilang. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara manual maupun otomatis, tergantung yang kamu pilih, semua sama saja..hanya saja untuk kamu yang pemula saya sarankan dengan trik otomatis agar pekerjaan ini bisa dilakukan dengan instan dan mudah.

Caranya begini..

Saya awali dengan trik pencarian channel secara otomatis.

Searcing Channel secara Auto

  1. Pertama, pencet tombol "menu" pada remote Tv. Jika remote tidak ada, lengkapi dulu dengan remote Tv universal yang bisa kamu dapatkan caranya di laman ini [baca juga]
  2. Pilih tombol bertuliskan "stasiun" atau "CH", karena remotepunya pembeda masing-masing.
  3. Pilih "auto" pada layar Tv, pastikan kamu mengarahkan ke pilihan "auto".
  4. Lalu tunggu prosesnya sampai rampung, biasanya butuh waktu yang relatif lama..bersabar memang.

Bagi kamu yang biasa otak atik televisi saya sarankan menggunakan cara manual saja, karena cara manual ini lebih mengena dan memuaskan serta leluasa mencari saluran yang kita inginkan..bahkan semua saluran bisa kita dapatkan dan saluran yang sudah tampil kembali itu akan secara otomatis tersimpan didalam Tv milik mu itu.

Untuk cara manualnya begini..

Searcing Channel secara Manual

  1. Pencet tombol "menu" pada remote Tv.
  2. Lalu arahkan pada tulisan "stasiun" atau "CH" atau "channel" pada layar Tv.
  3. Lalu pilih pencarian manual.
  4. Atur sistem ke BG kemudian pilih "search" tunggu prosesnya maka Tv akan secara otmatis melacak semua saluran channel.
  5. Lalu terakhisr jangan lupa klik "save".

#2 Mengembalikan Channel TV Sharp


Untuk merek Tv ini lebih sederhana dan mudah daripada trik untuk Tv LG. Meki lebih mudah dan sudah banyak yang membagikan triknya disini tidak ada salahnya jika saya menuliskan kembali trik itu secara singkat dan rangkumannya saja agar kamu bisa segera mempraktekkannya.

Begini caranya..

Pencet tombol "menu" pada tombol yang menempel Tv selama beberapa detik sampai terlihat jelas pilihan "auto search" dan "manual search".

Disini ada dua cara, silahkan pilih cara otomatis bagi kamu yang masih awam soal kasus ini, tunggu prosesnya sampai Tv bekerja dengan maksimal sampai semua channel terbaca semua yang pernah hilang itu.

#3 Mengembalikan Channel TV Samsung Led dan Lcd


Untuk trik pada merek Tv ini banyak dijumpai di kasus ini, karena banyak penggunanya. Untuk mencari channel pada merek Tv ini tidak begitu sulit dan bisa dilakukan oleh siapapun meski pemula sekalipun.

Untuk triknya bisa mengikuti panduan berikut ini.

  1. Pencet tombol "menu" atau "home" pada remote Tv.
  2. Pilih "setting" atau "pengaturan" pada layar Tv.
  3. Untuk pilihan pencarian..silahkan memilih satu dari kedua opsi ini yakni manual atau otomatis.
  4. Lalu pilih "start" atau "mulai".
  5. Tunggu prosesnya sampai rampung, jika rampung..keluar dari menu dengan menekan tombol "exit" pada remote.
  6. Jika kamu memilih opsi manual maka pencet tombol "lacak". Jangan lupa mengatur sistem ke pilihan "BG".
  7. Tunggu prosesnya, jika sudah selesai melacak dan menemukan 1 saluran yang kamu inginkan maka jangan lupa "simpan".
  8. Selanjutnya, lakukan cara ini jika kamu ingin melacak dan menyimpan channel selanjutnya.

#4 Mengembalikan Channel TV Polytron


Untuk merek ini sudah menjadi banyak pilihan seseorang karena lebih hemat. Untuk kasus hilangnya channel Tv pada merek ini bisa diatasi dengan mudah dan cepat.

Triknya begini..

  1. Pencet tombol "menu" pada remote Tv.
  2. Lalu pilih tulisan "pengaturan kanal" >> "pencarain otomatis" >> pilih "enter"
  3. Maka selanjutnya channel Tv akan otomatis tersimpan disistem Tv dengan sendirinya jika kamu menggunakan opsi pencarian otomatis.

#5 Mengembalikan Channel TV Sony


Merek Tv ini punya khas yang sama dengan merek Bravia.. cara pencarian channel yang hilang pun sama saja. Bisa kamu coba sendiri jika ada beberapa channel Tv merek Sony maupun bravia yang telah hilang dan ingin mengembalikannya semua channel itu.

Adapun caranya begini..

  1. Pencet tombol "home" lalu pilih menu "pengaturan" pada layar Tv.
  2. Selanjutnya arahkan pilihan pada tulisan "konfigurasi digital" >> "tuning otomatis digital".
  3. Tunggu prosesnya sampai rampung.

Jika trik ini bisa kamu lakukan dengan benar maka semua channel akan kembali dengan totomatis.

Namun, jika semua langkah diatas gagal dan tidak membuahkan hasil maka bisa disebabkan oleh beberapa indokator dibawah ini, baca dengan seksama ya..

#1 Posisi Parabola atau Antena yang Serong dan Tidak Mengena pada Arah Satelite


Seperti saya cuplik sebentar diparagraf awal bahwa penyebab saluran hilang karena posisi antena yang kurang pas pada posisi awalnya sehingga kualitas gambar kurang lancar dan bahkan saluran bisa hilang total.

Untuk memperbaikinya, mudah saja.. atur arah antena atau parabola itu kearah yang tepat..lihat arah dan posisinya seperti pada antena atau parabola tetangga kamu.

#2 Tunner Sudah Usang atau Rusak


Penyebab rusaknya tunner bermacam-macam yang jelas karena tegangan listrik yang kurang setabil sehingga kerja tunner lebih berat dan akhirnya komponen didalamnya gosong atau terjadi konselet. Untuk mengatasinya dengan stavol yang berfungsi untuk menstabilkan tegangan ke 220 volt.

Untuk mendiagnosa tunner yang rusak mudah saja.. jika Tv tidak ada gambar dan suara meski kondisi pendukung lainnya normal seperti Tv masih baru dan parabola juga masih teteap pada posisinya.

Untuk memperbaiki tunner ini agak ribet jika kamu bukan seorang teknisi, karena harus mengecek komponen satu demi satu sampai menemukan kejelasan hangus atau konselet. Jika kamu ingin mengganti komponen yang rusak itu maka gantilah dengan tipe maupun seri yang benar-benar sama jangan sampai memaksakan tipe yang berbeda meski punya kelas yang sama karena jika dipaksa hanya akan menambah kerusakan pada tunner itu.

Sekian yang bisa saya bagikan tulisan ini, semoga informasi dan panduan memulihkan channel Tv yang hilang diatas bisa menambah wawasan baru bagi kamu. Selamat mencoba!

Share yuk!
Share yuk!
Tags :

Related Post: