Penyebab Tv Tidak Bisa Merespon Remote Baru Pengganti| TEHNOMAC -->

Official blog Tehnomac

Nov 29, 2022

Penyebab Tv Tidak Bisa Merespon Remote Baru Pengganti

Ada beberapa penyebab yang membuat Tv kamu tidak bisa merespon remote dengan cepat. Disetiap merek dan jenis Tv punya masing-masing kasus saat dikoneksikan pada remote baru karena remote aslinya sudah rusak atau hangus.

Untuk para pemilik Tv mungkin kasus ini menyebalkan bukan! setiap kali Tv dikoneksikan dengan remote tidak pernah merespon meski sudah melakukan cara-cara tertentu.

Masalah demikian bukan hanya kamu jumpai saja namun sudah banyak yang mengalaminya hingga frustasi..tapi jangan cemas dulu, saya akan bantu memberikan beberapa informasi untuk mengatasi dan mempebaiki Tv yang selalu gagal merespon remote tersebut.

penyebab tv tidak bisa merespon remote baru tehnomac

Namun, sebelum kesana kamu harus bisa memastikan penyebab Tv milik mu tidak bisa dikoneksikan dengan jenis remote Tv merek apapun, diantara penyebabnya sebagai berikut ini.

#1 Ada Kerusakan pada Remote


Tidak menutup kemungkinan remote baru yang kamu beli dari toko elektronik di pasaran terjadi kerusakan komponen dari tokonya jadi produk baru tapi sudah rusak terlebih dahulu.

Pada sebagian besar kerusakan ada para komponen remote itu karena jarang sekali terjadi kerusakan sensor Tv nya. Untuk mencoba memastikan remote bekerja atau tidak bisa menggunakan remote tetangga kamu dan setting remote itu dengan cara manual maupun dengan otomatis.

Untuk cara mengkoneksikan remote ke Televisi bisa mengunjungi artikel sebelumnya di laman berikut ini.

Tombol Set Pada Remote TV Multi #Panduan Koneksi Remot ke TV Merek Apapun

Jika cara diatas membuahkan hasil setelah melakukan cara koneksi remote menggunakan remote tetangga kamu itu maka dipastikan komponen sensor didalam remote baru yang kamu beli itu sudah karat, kamu bisa mengembalikan kembali remote yang baru saja kamu beli itu ke toko agar diganti dengan yang baru, pastikan memilih remote yang normal, syukur syukur bisa beli remote yang berkualitas dan harga yang masih terjangkau.

Kalau kamu akan beli remote baru pastikan ada jaminan kualitasnya dari pemilik penjual elektronikk itu.

#2 Baterai Bocor


Kemungkinan kedua adalah baterai remote bocor atau habis, pastikan baterai remote baru menggunakan baterai baru juga, agar mendiagnosa kasus yang rusak bisa lebih cepat. Jika baterai yang kamu pakaikan ke remote Tv sudah usang atau lama bisa dimungkinkan penyebab utamanya adalah baterai..baterai itu sudah tidak mempunyai tegangan listrik atau mati.

#3 Besi Kutub - dan + Baterai Remote Berkarat


Lihat dengan seksama pada kepala penghubung baterai yang ada didalam remote TV, jika terlihat berkarat atau tampak putih menjamur maka bisa kamu gosok dengan cutter sampai benar-benar bersih dan pastikan kepala atas dan bawah baterai menempel dengan benar disetiap penghubung katub - dan + nya agar tegangan listrik bisa masuk ke dalam remote.

#4 Salah Meng-input Kode Remote


Ini yang sering bermasalah setiap pengguna remote Tv baru, kadang kamu masih belum telaten mencari sensor yang pas untuk jenis Tv yang akan kamu koneksikan ke remote itu, jadi pastikan meng-input kode remote itu dengan benar sesuai dengan merek tv yang kamu miliki.

Nah, empat poin diatas yang umumnya terjadi, namun begitu.. kemungkinan lainnya terjadi kerusakan pada komponen didala Tv, terutama komponen yang terkait sensor Tv.

Penyebab Tv tidak Bisa Merespon Remote Baru

#1 Komponen Sensor Tv Rusak


Ada beberapa penyebab yang patut kamu ketahui sebelum emamastikan untuk beli remote baru lainnya. Biasanya Tv yang selalu gagal merespon jenis remote apapun karena ada kerusakan pada sensor Tv tersebut.

Tentu..kamu harus membawanya ke bengkel elektronik yang menangani khusus elektronik Tv, tetapi kamu seyogyanya bisa memahami solusinya agar bisa menmabah wawasan baru tentang teknisi televisi.

Agar masalah ini selesai.. jika ada budget silahkan langsung ganti sensor Tv dengan yang baru dan juga beli remote baru yang berkualitas, ini mungkin harus kamu lakukan jika tidak ada cara alternatif yang lebih hemat.

#2 Kerusakan Lainnya Penunjang Komponen Sensor


Jika Tv milik mu itu sudah produk lama alias jadul (tv tabung) maka tidak menutup kemungkinan sudah terjadi kerusakan-kerusakan yang sudah fatal, terutama pada komponen penunjang sensor Tv itu.

Atau juga bisa disebabkan komponen pada IC program Tv yang sudah hangus atau tegangan sudah lemah dan minta diganti dengan IC baru.

Agar aman, pastikan Tv ini diperbaiki oleh para teknisi yang handal agar sekali mengeluarkan biaya bisa sembuh dan normal kembali.

Untuk memperbaiki Tv secara mendetail memang disini tidak bisa membahasnya dengan inten karena wawasan saya yang kurang soal teknisi Tv. Sebaiknya kamu bisa berkonsultasi langsung dengan para pakar teknisi Tv untuk mendapatkan wawsan baru.

Mungkin sekian informasi ini semoga beberapa ulasan penyebab Tv tidak bisa koneksi ke remote bisa bermanfaat bagi pembaca. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Share yuk!
Share yuk!
Tags :

Related Post: