Teknisi: Memperbaiki Speaker Aktif Polytron XBR yang Rusak| TEHNOMAC -->

Official blog Tehnomac

Apr 10, 2020

Teknisi: Memperbaiki Speaker Aktif Polytron XBR yang Rusak

Kali ini saya akan mencoba mendiaknosa kerusakan pada speaker aktif polytron XBR yang mati total karena ulah cecak yang nakal dan terbakar hangus total, sehingga jalur power supply AC putus dan hangus. Untuk mengakali jalan alternatifnya dengan mengganti trafo CT 5 Amp daripada susah-susah membuat jalur power suplly baru.

cara memperbaiki speaker aktif polytron xbr yang rusak tehnomac

Ada juga kasus lebih parah lagi yang saya jumpai yakni Speaker Aktif Polytron XBR mati total karena banyak komponen yang hangus sehingga powernya menjadi drop atau tegangan yang berkurang, untuk kasus saya ini nilai power suplly yang mati total ditandai dengan nilai tegangan DC nya +12 V dan -12 V DC untuk power amplifiernya.

Cara memperbaiki Speaker Aktif Polytron XBR yang ngedrop tegangan DC nya.

Kasus ini saya tlis melalui artikel ini agar bermanfaat karena banyak sekali yang menyukai speaker aktif Polytron XBR mulai dari warga jawa hingga papua, selain suaranya ngebas juga memiliki khas suara yang sangat empuk enak didengar, apalagi desainnya bagus-bagus banyak orang suka.

panduan memperbaiki speaker aktif polytron xbr yang rusak tehnomac

Penyebab keseringan speaker aktif Polytron XBR rusak ada pada komponen dibagian power amplifier sudah hangus terbakar, ada pula yang dibagian tone control, juga bisa pada power suplly nya yang bermasalah.

Kamu harus melihat dengan seksama komponen-komponen di ketiga bagian itu, musti ada yang tidak beres.

tutorial memperbaiki speaker aktif polytron xbr yang rusak tehnomac

Langkah utama yang ahrus kamu lakukan untuk mendapatkan hasil diagnosa yang akurat adalah dengan mengenal lebih dalam bagian-bagian power suplly Ac Matic, power amplifier, dan tone control nya. Ketiga bagian ini mudah untuk menentukan diagnosa kerusakan pada speaker aktif merek Polytron tipe apapaun.

cara memperbaiki speaker aktif polytron xbr yang mati total tehnomac

Nah, sampai disni mungin kamu sudah bisa melangkah lebih seksama apa yang seharusnya kamu perbaiki dan ganti.

Sekian dulu yang bisa saya sampaikan untuk para teknisi, jika masih ada hal lain yang perlu kamu sampaikan untuk saling berbagi kasus teknisi pada speaker aktif Polytron merek lainnya bisa kamu sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.

Kasus yang masuk akan kamu ulas lebih dalam jika admin sudah online. Terimakasih dan Salam Polytron!

Share yuk!
Share yuk!
Tags :

Related Post: